Kamis, 19 Maret 2009

MENCARI JATI DIRI

Seseorang seringkali merasa bingung saat ditanya kamu siapa?seperti apa?maunya apa?. sepertinya dia masih bingung dan belum tegas dalam menyatakan dirinya seperti apa.sebelum memcari jati diri, pengertian jati diri sendiri itu apa? kalau di uraikan jati itu adalah sebuah pohon yang tgak dan mempunyai nilai jual yang tinggi. diri adalah saat seseorang berada dalam keadaan tegak. sedang manusia adalah makhluk yang hidup. jadi, jika di gabungkan jati diri adalah pohon yang kuat yang telah hidup.
Saat brbicara jati diri pun manusia sendiri belum tentu paham dengan apa yang di sebut jatidiri. jika jati diri adalah pohon yang kuat . berarti harus ada sesuatu yang kuat yang da pada diri manusia . apa sesuatu itu? yaitu prinsip yang kuat, ciri yang kuat dan ikatan yang kuat . jika tiga itu sudah mengakar dalam diri kita maka kita akan menemukan jatidiri kita.
Secara garis besar pencarian jatidiri memang identik dengan pernyataan "kenali diri kita". dengan cara mencari dan melakukan ha-hal yang kita sukai. memang benar belajar dan bekerja merupakan suatu proses pencarian jatidiri. yang secara tidak sadar pasti semua itu dilakukan oleh setiap manusia pada umumnya. tapi terkadang mereka lupa dengan prinsip hidup yang menjadi pegangan. yang pada dasarnya seseorang bisa sukses karena teguh dengan prinsipnya. kenapa ciri seseorang merupakan jati diri? seseorang yang sudah memegang teguh prinsipnya itu akan nampak dan akan terlihat beda di hadapan masyarakat sehingga dikenal. pun dengan ikatan saat seseorang memegang teguh pada prinsip dan cirinya , seseorang itu akan terikat dengan prinsip dan cirinya sendiri . hingga dia teguh dengan dirinya. dirinya yang sudah mempunya prinsip hidupnya sindiri, cirinya sendiri dan ikatannya sendiri. dan itula jati dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar